Thursday, June 23, 2016

Macam - Macam Genre Video Game

Posted by Unknown on 11:55 AM in | No comments


GENRE VIDEO GAME

Genre atau ragam video game digunakan untuk menggolongkan video game berdasarkan interaksi bidang permainannya, bukan hanya perbedaan visual maupun naratif. Video game diklasifikasikan independen berdasarkan pengaturan atau isi dari sktruktur permainan tersebut, tidak seperti film ataupun buku.
Berikut ini adalah daftar umum yang digunakan untuk menentukan genre video game. Daftar ini belum lengkap karena pada dasarnya video game berkembang pesat. Sebuah permainan umumnya juga memiliki lebih dari satu genre (Hybrid-genre). Genre sebenarnya dari sebuah permainan terbuka untuk ditafsirkan bagi setiap individu.

Action Games


Action games (Permainan aksi) memerlukan pemain untuk menggunakan refleks, akurasi, dan waktu yang tepat untuk menyelesaikan sebuah tantangan. Ini mungkin merupakan genre dasar dari sebuah permainan, dan yang memiliki permainan terbanyak. Dalam action games, biasanya terdapat pertempuran. Terdapat banyak sub-genre dari action games, seperti Fighting games dan Shooter Games.

Fighting Games


Fighting games (Permainan pertarungan) adalah genre permainan dimana terjadi pertarungan satu lawan satu antara dua karakter , salah satunya dapat merupakan komputer. Genre permainan ini biasanya dimainkan dengan menghubungkan kombinasi-kombinasi tombol untuk bertarung. Rata-rata gerakan yang dihasilkan oleh karakter dramatis dan tidak mungkin dilakukan di kehidupan nyata. Tidak semua fighting games merupakan satu lawan satu, ada juga yang seperti serial Super Smash Bros dan Guilty Gear Isuka, menempatkan empat karakter dalam satu kali pertarunganGenre ini pertama kali muncul pada permainan Heavyweiht Boxing buatan SEGA pada tahun 1976. Contoh genre video game ini adalah serial Street Fighter dan Tekken.

Shooter Games


Shooter games (Permainan tembak-menembak), adalah sub-genre dari action games, meskipun banyak pemain yang menganggap bahwa genre ini merupakan genre yang berdiri sendiri. Genre ini menguji kecepatan dan reaksi dari pemainnya. Shooter games memiliki sub-genre tersendiri, yang semuanya terfokus pada "mengontrol seseorang yang menggunakan sebuah senjata, biasanya pistol, senapan, atau senjata jarak jauh lainnya". Hal yang biasanya ada pada genre permainan ini adalah amunisi. Biasanya tujuan dari permainan ini adalah menembak lawan dan melanjutkan misi tanpa karakter yang dipakai mati.
       First-person shooter (FPS), menekankan ke menembak dengan perspektif orang-pertama yang dikontrol oleh pemain. Perspektif ini bertujuan untuk memberikan pemain rasa seakan benar-benar berada disana, dan dapat membuat pemain fokus membidik sasaran. Kebanyakan FPS memerlukan refleks yang cepat dalam tingkat kesulitan yang tinggi. Unsur 3D diperlukan untuk membuat FPS yang baik. Wolfenstein 3D merupakan FPS terkenal pertama yang diliris pada 1992, dan Doom merupakan terobosan besar dalam grafik. Doom berhasil membuat teknologi yang membuat permainan dapat berjalan dengan mulus di PC tingkat konsumer. Sejak kemunculannya, FPS sekarang memiliki fitur multiplayer (multipemain) yang memungkinkan berkompetisi antar pemain. Call of Duty, Counter-Strike, Half-Life, Halo, Battlefield dan Max Payne adalah contoh FPS yang terus berkembang hingga sekarang.
       Third-person shooter (TPS/3PS) menekankan ke menembak dari persperktif orang-ketiga atau karakter pemainnya dapat terlihat sepenuhnya. Persperktif ini memberikan pemain pandangan yang lebih luas akan lingkungan sekitar dari FPS. Juga, TPS memungkinkan pergerakan yang lebih rumit seperti bergulir atau menyelam, dibandingkan dengan melompat dan merunduk sederhana yang biasa terlhat di FPS. Meskipun begitu, kebanyakan jenis permainan ini memiliki elemen puzzle dari FPS. Ada beberapa TPS, seperti serial Star Wars: Battlefront dan Rachet and Clank, yang memungkinkan untuk mengubah sudut pandang menjadi orang-pertama. Para pembuat permainan TPS sekarang telah mulai menggabungkan elemen dari TPS dengan RPG atau ragam lainnya, seperti yang terlihat pada trilogy RPG terkenal Mass Effect
       Massively multiplayer online first-person shooter (MMOFPS), merupakan permainan online yang menggabungkan pemain FPS pada sebuah dunia virtual dimana para pemain dapat berinteraksi satu dengan lainnya. Contoh dari MMOFPS ini adalah Point Blank dan Cross Fire.

Racing Games


Racing games (Permainan Balap) juga termasuk dalam kategori ini, dimana genre video game yang menuntut keterampilan pemain untuk mengemudi dalam sebuah kompetisi balap-membalap. Contoh genre video game ini adalah serial Need for Speed dan Juiced.


Sports Games



Sports games (Permainan olahraga), yaitu genre video game yang menuntut keterampilan pemain untuk melakukan pertandingan olahraga secara virtual, seperti pertandingan sepak bola, basket, dan sebagainya. Contoh permainan video dalam ragam ini adalah serial Pro Evolution Soccer dan Madden NFL.


Board Games


Board games (Permainan papan) merupakan genre game yang dimainkan di atas papan yang khas bagi permainan tersebut. Seperti hiburan lainnya, board games dapat menggambarkan subyek apapun.

Role-Playing Games



Role-playing games (Permainan peran), yaitu ragam permainan video yang menempatkan pemain sebagai tokoh dalam permainan tersebut untuk memecahkan suatu misteri dengan menyelesaikan berbagai macam puzzle dan quest. Ragam ini biasanya memiliki alur cerita yang kompleks. Contoh permainan video dalam ragam ini adalah serial Final Fantasy, Star Ocean, dan Suikoden.



Adventure Games


Adventure games (Permainan Pertualangan), adalah genre video game murni petualangan lebih menekankan pada jalan cerita dan kemampuan berpikir pemain dalam menganalisa tempat secara visual, memecahkan teka-teki maupun menyimpulkan rangkaian peristiwa dan percakapan karakter hingga penggunaan benda-benda tepat pada tempat yang tepat. Contoh genre video game ini adalah King Quest dan Heroes Quest. 

Action-Adventure Games


Action-adventure games (Permainan petualangan aksi), yaitu genre video game yang menempatkan pemain sebagai tokoh dalam permainan tersebut, mirip dengan role-playing games, tetapi ditambah dengan unsur-unsur aksi, misalnya perkelahian dan tembak-menembak. Contoh genre video game ini adalah serial Prince of Persia dan Devil May Cry.

Simulation Games


Simulation Games (Permainan simulasi), yaitu genre video game yang seringkali menggambarkan dunia di dalamnya sedekat mungkin dengan dunia nyata dan memperhatikan dengan detil berbagai faktor. Dari mencari jodoh dan pekerjaan, membangun rumah, gedung hingga kota, mengatur pajak dan dana kota hingga keputusan memecat atau menambah karyawan. Dunia kehidupan rumah tangga sampai bisnis membangun konglomerasi, dari jualan limun pinggir jalan hingga membangun laboratorium cloning. Genre video game ini membuat pemain harus berpikir untuk mendirikan, membangun dan mengatasi masalah dengan menggunakan dana yang terbatas. Contoh genre video game ini adalah Sim City dan The Sims.

Strategy Games


Real-time strategy (RTS), yaitu genre video game yang mengandung unsur strategi. Permainan video RTS memerlukan kecakapan pemain untuk memimpin suatu bangsa, mengelola sumber daya, dan melancarkan perang untuk memperluas wilayah kekuasaan. Contoh permainan video dalam ragam ini adalah serial Age of Empires, Civilization, Rise of Nations, dan Warcraft.
Turn-based strategy (TBS), yaitu ragam permainan video strategi yang pemainnya saling menunggu giliran untuk bergerak.

          Itulah mungkin yang bisa kami sampaikan mengenai macam-macam genre video game. Artikel ini kami buat dengan menyadur dari beberapa sumber sehingga terkumpul-lah beberapa macam-macam genre video game. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment